Jumat, 14 November 2008

i Love Japanese Food so much~

mmmmmm...Menjelang makan siang ... uh bosen makan itu-itu mulu ... kalo nggak sayur bening buatan mama , nasi goreng , ayam goreng , telur goreng sampai feses goreng pokoknya yang digoreng-goreng . Itu-itu mulu , yang lain dong ! Pengen fastfood atau junkfood atau apalah yang instant instant , tapi kata dokter nggak boleh terlalu banyak makan makanan instant . Makanan instant banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya lho ! Kembalilah saia ke habitat seperti anak kost yang hobi makan mie instant . Eh sekali lagi inget kata Kakak , nggak boleh banyak makan mie instant , paling nggak seminggu sekali , biar usus kamu mencerna dengan baik . Halahh ngomong aja kalo takut ususku keriting kan karna kebanyakan makan mie ? Apa jangan-jangan takut rambutku keriting? hho~ Ya udahlah nonton Pak Bondan aja di TV . Siapa tau liat makanannya udah kenyang . Kali aja bisa tersugesti . hho~ Eh eh , apaan tu makanan merah-merah kayak masih mentah gitu . Oh oh I see , itu makanan Jepang . Hu'um hu'um aku pernah makan makanan Jepang waktu itu . Sungguh solusi yang briliant ! Common mom , come to NORI ! Belum pernah tau apa aja masakan khas Jepang yang menyehatkan itu ? Aio segera aku kasih tau :)


SHUSHI
adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut , daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula . Jangan sembarangan beli shushi ! Kalo kamu beli di foodmart yg bukan really japanese restaurant dijamin tu shushi cuma bo'ongan ! Aku pernah tu beli di gituan , yang aku dapat adalah selain shushinya protol alias lepas saat digigit eh nggak komplit dgn wasabi dan jahe khas jepang , macamnya pun nggak lengkap . Cuma isi telor dadar ma timun kalo nggak salah . Huh . Kalo waktu beli di NORI , udah pasti original 100% asli tanpa edit dong . Udah macemnya banyak , rasanya enak , disambut permaissuri khas Jepang pake bahasa Jepang . Uh puas deh !


ONIGIRI
adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segi tiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain Omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut Onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit. Ada lhoh tokoh kartun berbentuk onigiri juga . Lucu ya ? Hho~


MIE RAMEN
adalah masakan mie kuah Jepang yang berasal dari Tiongkok. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai Chuka soba (soba dari Tiongkok) atau Shina soba karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering berarti mie. Dan nggak asal makan lho , bahkan ada cara makan mie ramen . Yaitu kamu slurup biar kuahnya juga keminum . Enak apalagi kalo panas-panasnya . Jadi tambah laper . Ngomong-ngomong slurup bahasa apaan ya ? Bunyinya pokoknya slurp gitulah !





WASABI
adalah tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan (Brassicaceae). Parutan rimpang (rizoma) yang juga disebut wasabi, dimakan sebagai penyedap masakan Jepang, seperti sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Daun, tangkai, dan rizoma memiliki aroma harum, sekaligus rasa tajam menyengat hingga ke hidung seperti mustar, tapi bukan pedas di lidah seperti cabai. Unsur kimia yang menjadikan wasabi memiliki rasa menyengat (pedas) adalah isotiosianat (6-methylthiohexyl isothiocyanate, 7-methylthioheptyl isothiocyanate, dan 8-methylthiooctyl isothiocyanate). Senyawa ini bersifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri, sehingga irisan ikan segar selalu dimakan bersama wasabi. Gampangnya wasabi itu adalah sambalnya orang Jepang . Karna disana nggak kenal yang namanya sambal terasi atau sambal bawang seperti yang kita punya .

Bahagiakah dirimu dengan bayangan-bayangan makanan lezat-lezat ini ? Mengapa aku suka Makanan Jepang ? Karna selain unik , makanan ini nggak membosankan , penampilannya artistik , pun menyehatkan juga ! Silakan mencoba !

3 komentar:

Astrini Ayu Puspita mengatakan...

haduuuuh~~
ngiler liatnyaaa~
tapi ngiler cuma pas liat mie ramen doang~
yang kaya shushi gitu aku nda suka ( padal blm pernah nyoba ) hahaha
belinya dimana tuuh ??
hihihi

thatha sang superrandom mengatakan...

enak braiii..
unik, tp klo ga doyan ya ga doyan bnran..
emg rasanya terkalahkan sm nasinya..
di NORI atau di GEISHA endang bambang gulindhang cinggg..

Surfer_RebeL mengatakan...

hmmm... km ini... makanan ajja...
kpn eaa bsa puas wisata kuliner...
tp knp km pilih makanan jepang???
di Indonesia msh byk makanan tradisional yg enk...